About Me

Foto Saya
indonesia poenya
Lihat profil lengkapku

Pengikut

INDONESIA

INDONESIA
free counters

Label

Selasa, 12 Oktober 2010
Jika berkunjung ke Karimunjawa, jangan lupa bermain dengan hiu. Penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar menyiapkan hiu-hiu yang akan diajak bermain. Ada hiu putih (Carcharodon carcharias) berukuran panjang 100-150 centimeter. Hiu-hiu di sini, bukanlah hiu yang telah dijinakkan, melainkan hiu-hiu yang sudah terbiasa hidup berdampingan dengan manusia sejak kecil. Hiu-hiu itu sama sekali tak memiliki naluri untuk menyerang. Bermain-main dengan belasan ikan hiu ini menjadi sensasi tersendiri bagi para wisatawan yang akan menikmati keindahan Kepulauan Karimunjawa.



Hiu-hiu itu berenang mengitari pengunjung yang sudah di air, dengan gesitnya. Penangkaran ini berada dalam satu kompleks hotel apung yang bisa disewa untuk bermalam dengan tarif Rp 50 ribu per malam. Sensasi lainnya, jika malam tiba di sekitar hotel apung yang berada di perbatasan perairan dangkal dan dalam ini banyak didatangi cumi-cumi.

Cumi-cumi itu tertarik oleh cahaya penerangan kamar.  Gugusan pulau yang berjarak 101 km dari Semarang ini menyimpan sejuta pesona sebagai tempat wisata. Lambaian nyiur di bibir pantai, laut biru dan pemandangan bawah air yang menakjubkan, pantai berpasir putih, serta keanekaragaman satwa dan floranya, menjadi andalan Kepulauan Karimunjawa, sekitar 72,5 km sebelah utara Jepara.

Untuk menuju kepulauan yang terdiri atas gugusan 27 pulau kecil dan besar ini bisa ditempuh melalui dua titik pelayaran. Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, dan Pelabuhan Kartini, Jepara. Di Karimunjawa, hanya ada delapan pulau yang berpenghuni. Yakni Pulau Karimunjawa, Kemojan, Menjangan, Parang, Nyamuk, Tambangan, Genting, dan Menyawakan. Semua menawarkan kemolekan alam pantai dan pemandangan laut yang memesona. Untuk bisa menikmati berbagai keindahan di gugusan pulau ini banyak kapal motor kecil yang bisa disewa para wisatawan. Para pengemudi kapal ini biasanya juga bertindak sebagai pemandunya.

Harga sewa kapal ini bervariasi, mulai Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu untuk kapal motor sedang kapasitas delapan orang per paket lima jam. Sedangkan untuk kapal yang ukurannya lebih besar dibandrol Rp 200.000 per paket yang sama.

Bila sedang mujur, untuk paket satu hari --pagi sampai sore-- kapal motor yang lebih besar bisa ditawar sampai Rp 300 ribu. Paket ini akan mengantar para wisatawan tur laut. Menikmati keindahan bawah laut dengan mata telanjang, mengunjungi beberapa pulau untuk menikmati pasir pantai dan mandi di perairan dangkal, memancing, mengunjungi tempat penangkaran hiu, serta menikmati sun set bisa dilakukan sepuas-puasnya. Untuk menikmati terumbu karang bisa dilakukan dengan menyelam dan snorkeling. Ada pula kapal kaca yang memungkinkan wisatawan melihat keindahan bawah laut dari kapal.

Setelah lelah tur laut, untuk urusan istirahat malam, di Karimunjawa banyak tersedia tempat untuk melepas penat. Sedkitnya ada 27 tempat, mulai dari jenis homestay hingga resor. Bagi yang berbekal lebih, ada dua resor dengan tarif sekitar 75 dolar AS hingga 150 dolar AS semalam. Resor itu ada di Menyawakan, yaitu Kura-kura Resort, dan di Pulau kemojan ada Nirwana Resort. Khusus Kura-kura Resort, saat ini masih dalam tahap renovasi.

Hotel dan penginapan dengan tarif Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu-an juga ada. Misalnya Dewandaru, Duta Karimun, Blue Laguna Inn, Karimunjawa Inn, Wisma Wisata, serta Wisma Apung. Yang lebih ekonomis, adalah homestay, tinggal di rumah penduduk. Tarifnya lebih ekonomis, hanya berkisar Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu plus makan prasmanan Rp 17.500 per orang untuk sekali makan. Dengan harga ini, wisatawan akan dimanjakan oleh aneka menu sea food seperti ikan bakar, sup ikan, aneka olahan cumi-cumi dan lalapan penggugah selera.

Untuk tur darat, dengan menyewa sepeda motor seharga Rp 60 ribu hingga Rp 100 ribu per hari, wisatawan bisa menyisir jalan darat di Pulau Karimunjawa dan Kemujan. Ada banyak tujuan yang bisa disinggahi, seperti pasar kerajinan yang menjual berbagai kerajinan khas Karimunjawa. Ada aneka kerajinan mutiara, kerang, dan kayu stigi serta kayu dewandaru yang diolah dalam berbagai jenis barang. Di antaranya tasbih, tongkat, keris, replika kapal, alat pijit refleksi.

Tanjung Gelam juga bisa dijadikan tujuan untuk menikmati kesegaran birunya air pantai yang dangkal dan untuk menikmati matahari terbenam.  Makam Kyai Nyamplungan, putra Sunan Muria, yang berada dia atas bukit dengan pesona pemandangan alam yang indah juga bisa menjadi tujuan kunjungan.

Di Pulau Kemojan, Kampung Bugis di Batulawang bisa dijadikan tujuan berikutnya. Penghuni Karimunjawa, yang terdiri dari Bugis, Jawa, dan Madura hidup dengan damai. Dalam sehari mereka sudah biasa menggunakan tiga bahasa induk masing-masing dalam berinteraksi sosial. Di kampung ini masih banyak rumah adat panggung dan beberapa kebiasaan adat Bugis yang dipertahankan. Termasuk keahlian masyarakat Bugis dalam membuat kapal yang sudah masyur.

Untuk menjaga keseimbangan flora-fauna dan menekan kerusakan biota laut, paket wisata di Karimunjawa merambah wisata konservasi sebagai daya tarik. Melepas tukik (anak) penyu sisik dan penyu hijau ke perairan lepas menjadi salah satu wisata konservasi yang sering disuguhkan kepada para pelancong di kepulauan ini.

Bagi anak-anak, ini akan menjadi pengalaman baru yang mengasyikkan. Mereka bisa belajar untuk menghargai alam sekaligus mengenal keanekaragaman fauna yang dilindungi. Pelepasan tukik ini biasanya dilakukan di Pantai Tanjung Gelam (Karimunjawa Besar), di Menjangan Besar, Cemara Besar, Cemara Kecil, dan Menyawakan yang berpasir putih bersih. Wisata ini banyak dipelopori Kelompok Pelestari Penyu Karimunjawa.

0 komentar:

Posting Komentar

Undang-Undang Dasar 1945

PEMBUKAAN


Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.


Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.


Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.


Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


PROKLAMASI

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 45
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta

I LOVE INDONESIA

I LOVE INDONESIA

KENALI, CINTAI

KENALI, CINTAI